Cara memasang Ubuntu di komputer-laptop

Bagi kalian yang ingin mencoba sistem operasi ubuntu di komputer atau laptop, saya mempunyai cara memasang ubuntu di komputer atau laptop sehingga dapat digunakan sebagaimana yang diinginkan, bagi komputer atau laptop yang tidak memiliki CD/DVD drive, pemasangan dapat melalui USB yang bisa dibaca pada tips ini, tapi jika yang masih memiliki CD/DVD drive, tapi kalian belum membakarnya kedalam sebuah kepingan CD/DVD, silakan baca tips ini.

Pada kesempatan kali ini, saya menggunakan ubuntu 11.10 dan USB untuk memasang ubuntu dilaptop saya, maklum saya tidak bisa membeli sistem operasi Windows 7 untuk laptop lama saya, yang disediakan microsoft.com jadi untuk membuat USB Live ini, saya menggunakan laptop mini saya yang sudah terpasang Windows 7 starter ASLI namun jika belum memiliki sistem operasi ubuntu yang disediakan oleh ubuntu.com, silakan unduh atau kunjungi website resminya.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Atur bios pada laptop yang kita miliki agar bisa booting melalui USB dengan menekan tombol F2 (bagi laptop saya).
  2. Jika sudah, colokkan USB Flash Disk ke slot di laptop.
  3. Hidupkan lagi laptop, dan tunggu sampai laptop selesai booting dari USB.
  4. Pilih bahasa yang sesuai dengan keinginan.
  5. Pilih Try Ubuntu, jika ingin mencoba ubuntu tanpa memasangnya.
  6. Pilih Install Ubuntu, jika ingin memasang ubuntu ke laptop.
  7. Pada kesempatan kali ini, saya memilih Install Ubuntu.
  8. Tekan menu Donwload updates while installing, jika laptop terhubung ke internet dan ingin langsung memperbarui sistem.
  9. Tekan menu Install this third-party software, jika ingin memasang tambahan pada sistem operasi ini.
  10. Tekan Continue, jika telah selesai.
  11. Pilih Erase disk and install Ubuntu, jika ingin memasang ubuntu dan menghapus sistem operasi yang lama.
  12. Pilih Something else, jika ingin mengatur lainnya.
  13. Pada kesempatan kali ini saya memilih Erase disk and install Ubuntu.
  14. Tekan Select drive, jika ingin memilih partisi dan memasang ubuntu pada partisi yang telah dipilih.
  15. Pada bagian tengah terdapat keterangan bahwa hard disk yang akan dipasang ubuntu berukuran 10 GB (hard disk saya).
  16. Tekan Install Now, jika telah selesai.
  17. Tunggu sampai proses pemasangan selesai dan jika pemasangan telah selesai, Ubuntu siap kita gunakan.

Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu dan mempermudah dalam memasang ubuntu pada laptop atau komputer kita.

Posted on 17 April 2012, in Tips and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar