Windows 8 Consumer Preview

Latar belakang utama Windows 8Windows 8 Consumer Preview adalah sistem operasi baru, yang disediakan oleh microsoft.com dan dari perusahaan terbesar dunia Microsoft yang memiliki banyak perubahan dari sistem operasi sebelumnya, seperti Windows Vista dan 7. Perubahan yang sangat mencolok adalah antar muka yang menarik, beberapa fitur menarik yang terdapat pada menu antar muka tersebut adalah Store, Xbox LIVE Games, Photos, Calender, Maps, Internet Explorer, Messaging People, Video, Mail, Pinball FX2, Solitaire, Desktop, Weather, Camera, Xbox Comparison, Music, SkyDrive, Finance, Reader, dan masih banyak lagi.

Namun, beberapa fitur atau aplikasi yang dapat berjalan pada windows 7 tidak serta merta dapat dijalankan pada Windows 8, aplikasi atau fitur itu dapat berjalan di Windows 8 dengan syarat aplikasi tersebut sudah kompatibel dengan sistem operasi baru ini.

Fitur yang dihilangkan adalah fitur tombol Start yang selama ini menjadi simbol dan trademark dari Microsoft, namun fitur tersebut diganti dengan menambah toolbar besar pada windows explorer yang mirip seperti toolbar yang ada pada Microsoft Office 2010. Selain itu fitur terbaru yang digunakan pada windows 8 ini adalah fitur dock pada kolom sebelah kanan yang bisa diakses saat kursor berada pada posisi sebelah kanan dan fitur password pada saat login, yang menggunakan pengenal wajah sang pemilik perangkat tersebut.

Pada pilihan menu dock, terdapat Control panel, Personalization, PC Info, Help yang berada pada bagian atas dan Network, Volume, Unavailable, Notifications, Power, dan Bahasa yang berada pada bagian bawah dan dilengkapi dengan gambar serta tombol More PC settings yang tepat pada bagian bawahnya.

Jika kita menekan menu Control panel pada dock tadi, maka akan muncul tampilan explorer biasa namun jika kita melihat semua isi dari control panel tersebut maka kita akan menemukan fitur terbarunya yaitu Storage Spaces yang dapat menyimpan berkas pada dua atau lebih drives, ini memberikan manfaat pada kita jika ingin menyimpan berkas walaupun drive yang satu rusak dan kita bisa kapan saja menambahkan drive baru dari drive yang ada meskipun pada keadaan kapasitas kecil.

Pada pilihan menu More PC settings terdapat banyak menu yang dapat kita gunakan seperti Personalize, Users, Notifications, Search, Share, General, Privacy, Devices, Wireless, Ease of Access, Sync your settings, Homegroup, dan Windows Update.

Pilihan Personalize terdapat beberapa tombol diantaranya Lock Screen, Start Screen, dan Account picture, pada pilihan Lock Screen kita bisa mengatur login screen, dan mengatur aplikasi yang dapat berjalan dalam keadaan latar belakang (background) meski layar dalam keadaan dikunci.  Pada pilihan Start screen kita bisa mengatur warna dan gambar yang tersedia dari start screen kita dan pada pilihan Account picture kita bisa menambahkan gambar melalui berkas yang ada atau langsung diambil dengan menggunakan webcam dan kita juga bisa menambahakan gambar pada aplikasi.

Pilihan Users terdapat beberapa pilihan diantaranya pertama pilhan Your account, pada pilihan ini kita bisa mengganti atau mengubah akun dengan menekan tombol  Switch to a Microsoft account. Kedua pilihan Sign-in options yang memiliki beberapa pilihan seperti Create a password, Create a picture password, dan Create a PIN, kita bisa memanfaatkan pilihan tersebut untuk membuat, mengganti atau mengatur lang kata sandi kita. Ketiga pilihan Other users, pada pilihan terakhir ini kita bisa manfaatkan dengan menambah pengguna baru pada windows kita dengan menekan tombol Add a users.

Pilihan Notifications terdapat beberapa pilihan diantaranya pertama Notifications yang kita bisa manfaatkan untuk menampilkan notifikasi pada aplikasi, aplikasi di lock screen, dan memutar suara notifikasi, kedua Show notifications from these apps yang kita bisa gunakan untuk menampilkan notifikasi dari aplikasi Internet Explorer, Messaging, Mucis, Video, Xbox Companion, dan Xbox LIVE Games.

Pada pilihan Search terdapat dua pilihan yaitu pilihan pertama History, pada pilihan ini kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai aktifitas diantaranya Let Windows save my searches as future search suggestions dan Show the apps I search most often at the top dan pilihan kedua Use these apps to search yang bisa kita manfaatkan mencari dengan menggunakan aplikasi Finance, Internet Explorer, Mail, Maps, Music, Peoplem Photos, Store, Video, Weather, Xbox Companion, Xbox LIVE Games.

Pilihan Share terdapat dua pilihan yaitu pertama Frequent yang artinya keseringan, pilihan ini bisa kita aktifkan atau nonaktifkan dan banyak butir yang akan ditampilkan, kita juga bisa menampilkan/mengurutkan aplikasi yang paling sering kita gunakan untuk menjadi yang paling atas dengan mengaktifkannya. Yang kedua Use these apps to share, pada pilihan ini hany terdapat Mail.

Pada pilihan General terdapat pilihan Time, App Switching, Spelling, Language, Refresh your PC without affecting your files, Reset your PC and start over, dan Advanced startup.

Let apps use my location, Let apps use my name and account picture, dan Help improve Windows Store by sending URLs for the web content that apps use adalah pilihan yang terdapat pada pilihan Privacy.

Pada pilihan Device dan Metered Internet connections, pada pilihan devices terdapat perangkat keras yang kita gunakan seperti Generic Non-PnP Monitor, Headphones, Microphone, Microsoft XPS Documents Writer, Speakers, USB, Harddisk, dll.

Jika komputer atau laptop memiliki perangkat wireless, maka perangkat tersebut akan ditampilkan pada Wireless.

High contrast, Make everything on your screen bigger, Tab through webpages and apps using caret browsing bisa kita aktifkan pada pilihan Ease of Access.

Sync your settings dan Settings to sync dapat diaktifkan dan diatur pada pilihan Sync your settings.

Pada pilihan HomeGroup terdapat pilihan Libraries and devices, Media devices, dan Membership.

Anda juga bisa memperbarui windows pada pilihan Windows Update.

Sistem komputer atau laptop yang diperlukan untuk memasang sistem operasi ini adalah Minimal kecepatan prosesor 1 Ghz, RAM 1 GB untuk sistem operasi x86 atau 2 GB untuk sistem operasi x64, minimal Hard disk 16 GB untuk sistem operasi x86 atau 20 GB untuk sistem operasi x64, Grafis minimal harus mendukung Microsoft DirectX9.

Itulah sekilas tentang Windows 8 Consumer Preview. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang sistem operasi. “Windows 8 Consumer Preview digunakan dengan izin dari Microsoft”

Unduh Windows 8 Consumer Preview (2,5 GB)

Posted on 17 April 2012, in Sistem Operasi and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. I love what you guys tend to be up too. This kind of clever work and coverage!
    Keep up the fantastic works guys I’ve included you guys to my blogroll.

  2. Hi! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog.
    Is it very hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick. I’m thinking about creating my own but
    I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? Thank you

  3. Hey there just wanted to give you a brief heads up and let you know
    a few of the images aren’t loading correctly. I’m not sure
    why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different web browsers and both show the same outcome.

  4. I am truly glad to read this blog posts which includes lots of helpful information, thanks for providing these kinds of statistics.

  5. hey there and thank you for your information – I’ve certainly picked up anything new from right here. I did however expertise some technical issues using this website, as I experienced to reload the site lots of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will sometimes affect your placement in google and can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Anyway I am adding this RSS to my email and can look out for much more of your respective interesting content. Ensure that you update this again soon.

Komentar