Memasang Ubuntu di Dalam Windows

Memasang sistem operasi Ubuntu didalam sistem operasi Windows dengan menggunakan aplikasi Wubi yang disediakan oleh Ubuntu.com disetiap paket sistem operasi yang diberikan baik itu ISO atau CD/DVD, aplikasi ini memberikan kita kesempatan dan kemudahan dalam pemakaiannya. Dengan aplikasi ini kita bisa menggunakan sistem operasi Ubuntu sama seperti aplikasi lainnya yang bisa dipasang dan dihapus secara mudah, untuk kalian yang baru atau mau mengenal sistem operasi ubuntu bisa menggunakan ini dan kenali sesuka hati baik tampilan maupun lainnya.

Yang mesti dimiliki untuk menggunakan aplikasi ini hanyalah sistem operasi Ubuntu sesuai yang diinginkan, jika sistem operasi Ubuntu telah dimiliki. Silakan ikuti beberapa langkah dibawah:

  1. Unduh sistem operasi Ubuntu versi terbaru disini atau aplikasi wubi disini jika belum dimiliki
  2. Buka sistem operasi yang telah dimiliki (ISO atau CV/DVD)
  3. Buka aplikasi wubi yang disediakan didalam sistem operasi
  4. Pilih besarnya harddisk yang ingin digunakan dengan menekan drop down menu pada Installation size
  5. Masukan username dan password pada menu username dan password
  6. Pilih bahasa yang ingin digunakan
  7. Tekan Install jika semua sudah disesuaikan
  8. Tunggu sampai proses pemasangan selesai dilakukan
  9. Jika telah selesai, silakan pilih ingin menghidupkan kembali komputer sekarang atau secara manual
  10. Setelah komputer dihidupkan kembali maka sistem operasi Ubuntu akan memasang kebutuhan yang diperlukan
  11. Setelah semua kebutuhan dari sistem operasi selesai dipasang maka kita bisa menggunakannya dengan memilih dua boot yang disediakan (Windows atau Ubuntu)

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi media rujukan untuk yang ingin mengenal ubuntu tanpa harus memasangnya secara penuh dalam komputer kita.

Posted on 18 Mei 2012, in Tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. trimssss… oa, setelah kita pasang misal di local c, apakah sistem windows dan data yang ada di local drive lainnya akan terganggu…?

  2. Sistem pada Windows tdk akan terganggu dengan syarat kita mengerti cara menggunakan Ubuntu, dan Windows. Layaknya sebuah aplikasi yang sama seperti aplikasi lainnya (WinAmp, Gimp, dll), aplikasi ini hanya memerlukan ruang kosong pada local disk “c:\” yang akan ditempatkan pada root “c:\ubuntu”, dan sama halnya ketika kita memasang dual boot antara WinXP dan Win7 pada komputer kita namun partisi yang berbeda harus ditentukan terlebih dulu agar OSnya berjalan lancar. Aplikasi ini hanya akan bekerja ketika kita memilih Ubuntu pada menu saat boot pertama kali, dan yang akan dibaca oleh Ubuntu hanya root “c:\Ubuntu” saja, anggap saja kita mencoba Ubuntu Live CD namun disini kita tidak bisa memasang aplikasi khusus Ubuntu.

    Note:
    “Ubuntu bisa berjalan lancar jika minimal kebutuhan sistemnya sudah terpenuhi dengan baik.”

    .::Terima kasih atas feedbacknya::.

Komentar