Cara Membuat Cadangan dan Mengembalikan Lisensi Aktivasi Windows 8 OEM

Windows 8 datang dengan berbagai perubahan tampilan dan kemampuan yang lebih baik dari sistem operasi sebelumnya, perubahan-perubahan iniah yang membuat orang ingin segera beralih ke sistem operasi ini. Namun tidak banyak orang yang ingin beralih ke sistem operasi ini dikarenakan tidak terdapatnya tombol start dan sistem operasi ini lebih dikhususkan untuk perangkat keras jenis sentuh serta masih setianya pengguna yang menggunakan sistem operasi lama.

Bagi pengguna sistem operasi ini yang ingin mencadangkan dan mengembalikan lisensi aktivasi yang dapat digunakan untuk menngaktifkan sistem operasi ini pada waktu berikutnya, ada beberapa cara yang bisa diikuti.

MENCADANGKAN LISENSI AKTIVASI

  1. Dengan cara manual

    Untuk Windows 8 versi x32
    Salin dan simpan folder store di C:\Windows\System32\spp di tempat yang menurut Anda aman.

    Untuk Windows 8 versi x64
    Salin dan simpan folder store di C:\Windows\SysWOW64\spp di tempat yang menurut Anda aman.

    Setelah semua berkas diatas sudah disimpan, kalian bisa memasang ulang windows 8 namun dengan versi yang sama misalnya kalian menggunakan versi Windows 8 Pro maka harus diaktifkan melalui versi yang sama. Dan setelah kalian selesai memasang ulang windows 8, kalian bisa lakukan aktivasi offline.

  2. Dengan cara menggunakan perangkat lunak pihak ketiga

    Anda bisa menggunakan perangkat lunak Advanced Tokens Manager v3.5 RC 4 yang dikembangkan oleh Josh Cell Software’s (www.joshcellsoftwares.com), dengan perangkat lunak ini Anda dapat langsung mencadangkan lisensinya tanpa harus melakukan cara yang pertama. Namun pada cara ini dibutuhkan Nomor Seri ASLI yang sudah teraktivasi ke komputer.

MENGEMBALIKAN  LISENSI AKTIVASI

Untuk mengembalikan lisensi aktivasi Windows 8 yang sudah disimpan (cadangkan), matikan Software Protection Service di service.msc atau dapat langsung membuka command prompt (CMD) dengan perintah net stop sppsvc, kemudian ganti folder store yang ada di C:\Windows\System32\spp untuk x32, dan C:\Windows\SysWOW64\spp untuk x64. Setelah diganti maka hidupkan kembali Software Protection Service di service.msc atau dapat langsung membuka command prompt (CMD) dengan perintah net start sppsvc.

Aktivasi melalui ini tidak langsung mengaktifkan, selanjutnya matikan koneksi internet kemudian buka PC Info yang dapat di buka dengan mengarahkan kursor ke sudut kanan atas dan memilih Settings. Setelah itu ketuk View details in Windows Activation dan ketuk Activate, untuk memeriksanya silakan ketikan slmgr.vbs -dlv, slmgr.vbs -dli, slmgr.vbs -ato melalui command prompt (CMD).

Sekarang windows 8 Anda sudah aktif, dan bisa digunakan dengan catatan tips ini hanya bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki koneksi internet dan dengan syarat windows 8 Anda sudah mengenali komputer atau laptop, tips ini tidak akan bekerja pada komputer atau laptop lain yang tidak dikenali oleh windows 8.

Semoga cara ini bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk mengaktifkan windows 8.

Posted on 4 Juni 2013, in Tips and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Komentar